Jenis Ikan Hias Air Laut Yang Mudah di Pelihara

Ikan Hias Air Laut

[Animal Lovers] Memelihara ikan hias selalu menjadi pilihan bagi Anda yang senang dengan ketenangan. Tidak hanya senang karena melihat ikan-ikan yang berenang namun melihat bentuk serta warna tubuh mereka yang bervariasi. Tidak hanya ikan air tawar, namun ternyata ikan air laut pun juga bisa Anda pelihara. Banyak jenis ikan hias air laut yang mudah di pelihara.

Lalu apa saja jenis ikan hias air laut tersebut? Berikut ini ulasannya untuk Anda para pecinta ikan hias :

Watchman Gobies                                   

Ikan hias Watchman Gobies memiliki nama ilmiah Cryptocentrus. Ikan ini dikenal dengan beberapa pola namun yang terkenal adalah Bluespotted dan Pink Spotted Watchman Goby. Watchman Goby adalah ikan yang agresif dan salah satu spesies ikan yang cocok untuk para pemula. Daya tahan hidup dan kemampuan berenangnya membuat ikan ini wajib menjadi salah satu jenis ikan air asin untuk dipelihara oleh pemula. Makanan untuk Watchman Goby biasanya adalah udang kecil.

Angelfish

Memiliki nama ilmiah Pomacanthidae. Ikan ini memiliki ciri khusus yaitu berbentuk pipih dan lebar. Ada banyak pola untuk jenis ikan ini dan semuanya memiliki ciri khas khusus yaitu motif garis-garis pada setiap sisi tubuh ikan.

Blue Devil

Ikan hias air laut blue devil adalah ikan yang memiliki tubuh yang estetis. Mungkin tubuhnya tidak seseram namanya, dalam ilmu perikanan, ikan ini memiliki nama ilmiah Paraplesiops Bleekeri. Bila dilihat dari tubuhnya, Anda tidak perlu menggunakan aquarium super besar karena tubuhnya cenderung kecil dan ramping dengan warna biru pada baian tubuh dengan bintik-bintik putih pada bagian atas.

Botana / Blue Tang

Secara ilmiah ikan ini dinamai Paracanthurus Hepatus dan dikenal dengan nama Blue Tang. Di Indonesia, Blue Tang lebih dikenal dengan nama Botana. Ada banyak jenis Botana, Anda bisa memilih tipe Botana Biru, Botana Kasur maupun Botana Kacamata.

Yellow Tang

Jenis lain dari keluarga Tang, yaitu Yellow Tang adalah jenis ikan air laut yang cocok untuk dipelihara dirumah sebagai penghias ruangan. Ikan ini memiliki nama ilmiah Zebrasoma Flavescens dan memiliki ciri khas keluarga Tangs yang dikenal cukup aktif bergerak.

Neon Tetra

Ikan dengan bentuk tubuh yang khas yaitu memiliki warna keemasan dengan garis tipis yang berwarna biru mirip lampu neon pada bagian tubuh belakang hingga ke bagian dekat mata. Neon Tetra dikenal dengan nama ilmiah Paracheirodon Innesi dan banyak hidup di daerah Kolombia dan Peru.

Ikan Badut / Clownfish

Jenis ikan hias air laut ini memiliki nama ilmiah Amphiprioninae. Ikan ini suka sekali bersembungi di karang dan terumbu karang. Jadi jika Anda ingin memeliharanya, sebaiknya menyediakan karang di aquarium Anda.

Lion Fish

Merupakan ikan hias air laut yang memiliki nama ilmiah Pterois dan masuk dalam keluarga Scorpaenidae. Ikan ini cukup unik dengan ornamen-ornamen ditubuhnya yang berbentuk seperti duri. Anda mungkin perlu memperhatikan ikan mana saja yang harus dibarengkan dalam satu aquarium dengan ikan ini karena makanan ikan ini cukup berbeda jika dibandingkan dengan makanan ikan badut.

Dottyback

Jenis ikan hias air selanjutnya adalah Dottyback. Ikan ini merupakan ikan yang hidup di daerah tropis dan sub tropis Indo-Pasifik yang juga dikenal dengan jumlah terumbu karang yang melimpah. Nama ilmiah dari ikan ini adalah Pseudochromidae.

Butterfly Fish

Ikan yang memiliki nama ilmiah Chaetodontidae, banyak hidup di Samudera Hindia dan Samudra Pasifik. Sama halnya dengan Dottyback, ikan ini juga cocok untuk dipelihara oleh para pemula pecinta ikan hias air laut. Dinamakan dengan Butterfly Fish karena bentuk dan warna corak bergarisnya hampir menyerupai warna sayap kupu-kupu. Pesona ikan ini sangatlah indah jika Anda tempatkan pada aquarium yang berukuran agak besar agar mereka bisa berenang kesana kemari.


 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*