Cacing Terbesar di Dunia

Cacing Terbesar di Dunia

[Animal Lovers] Anda pasti sudah tidak asing lagi dengar nama cacing? Iya, hewan kecil yang tinggal di dalam tanah ini selalu dijadikan umpan bagi para pemancing. Dan pada umumnya, ukuran cacing yang kita ketahui sangat kecil. Kurang lebih seukuran kabel headset Anda. Namun tahukah Anda bahwa ada cacing terbesar di dunia? Yang pasti ukurannya jauh lebih besar dari ukuran normal seekor cacing pada umumnya.

Cacing Jumbo

Yang biasa kita dengar tentunya adalah lele jumbo. Satu binatang lele namun memiliki ukuran tubuh yang sangat besar. Kali ini ada pula sebuah cacing yang tetap layak kita juluki pula sebagai ‘cacing jumbo,’ lantaran ukuran badannya yang besar tak terkira. Lebih dari itu, karena sifat cacing yang elastis dan bisa “melar” memanjang, maka cacing jumbo di Australia ini juga mampu memelarkan badannya hingga mencapai panjang 2 meter.

Hidup dan Bertumbuh Dalam Tanah

Hewan melata ini berukuran besar, merayap di atas tanah dan mengandalkan kadar tanah demi menghabiskan sebagian besar hidupnya.

  • Bahagia Saat Hujan

Meskipun memiliki ukuran jumbo, cacing-cacing ini cukup rapuh. Bahkan jika manusia salah dalam memegangnya saja, tak lama kemudian ia bisa mati.

Ditengarai mereka biasa berada dalam kedalaman 3 hingga 5 meter di bawah permukaan tanah. Namun ketika hujan deras, sehingga tanah pun menjadi gembur, mereka akan bahagia dan senang memunculkan diri naik ke permukaan tanah.

  • Peka Terhadap Getaran

Binatang melata ini memiliki sifat yang sensitif. Salah satunya apabila kita berjalan di atas tempat tinggal mereka, maka mereka akan segera tahu dan merespon getaran langkah kaki dengan memulai merangkakkan tubuhnya.

Gippsland Giants

Cacing jumbo yang dikenal pula dengan julukan Gippsland Giants alias Raksasa Gippslands ini terlahir dari sebuah kepompong telur besar yang wujudnya menyerupai kacang polong coklat. Mereka terbentuk dengan membutuhkan waktu penetasan satu tahun.

Meskipun bentuk setelah dewasa adalah jumbo, namun bukan berarti bayi-bayinya juga besar. Lain dari itu, anak-anak cacing jumbo yang baru menetas tetap sebagaimana layaknya bayi cacing lainnya.

Tergolong Makhluk Langka

Cacing raksasa dari Australia ini dikategorikan sebagai makhluk langka. Pasalnya pertumbuhan mereka sangat lambat. Dengan waktu hidup yang diperkirakan mampu bertahan hingga usia 20 tahun, pada lima tahun pertama merupakan waktu yang mereka butuhkan guna memiliki panjang tubuh maksimum.

Cacing raksasa “Gippsland Giants” ini di Australia populasinya juga sangat kecil. Selain tingkat reproduksinya lama -sebagaimana tersebut di atas, modernisasi juga menjadi pengaruh utama hilangnya habitat.


 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*