Tanaman Yang Bisa Membuat Ngantuk

Membuat Ngantuk

[Animal Lovers] Rasa kantuk datang tidak hanya karena pengaruh dari makanan yang kita konsumsi saja, namun juga bisa datang dari sebuah tanaman. Tanaman rumah dapat berfungsi menyaring udara dan mengoksidasi rumah Anda, selain memiliki fungsi sebagai pemanis sudut-sudut rumah.Dan ternyata beberapa tanaman yang bisa membuat ngantuk ini bisa Anda letakkan di dalam kamar Anda. Tanaman apa sajakah itu? Berikut ini informasinya untuk Anda :

  1. Melati

Wheeling Jesuit University, Amerika Serikat, telah melakukan penelitian yang membuktikan khasiat melati untuk membantu orang tertidur secara alami. Efek positifnya adalah tidur menjadi berkualitas, kecemasan berkurang, dan meningkatkan mood ketika bangun.

  1. Lavender

Lavender sering menjadi wewangian sabun, pewangi pakaian, sampo, bahkan pengharum ruangan. Lebih dari itu, tanaman berwarna ungu ini bisa membantu mengobati insomnia dan kecemasan. Para peneliti menyatakan dengan menghirup aroma lavender dapat membantu kita lebih tenang.

  1. Gardenia

Tanaman ini bisa bikin Anda tidur lebih cepat sebesar resep obat tidur pada umumnya. Sebuah penelitian di Jerman mengungkapkan bahwa setelah pengujian pada tikus, bunga ini memiliki efek yang sama seperti valium pada neurotransmiter yang disebut Gamma Amino Butiric Acid (GABA). GABA sendiri adalah neurotransmiter inhibitor atau neurotransmiter yang menghalangi penghantaran impuls di serabut saraf. Tikus uji coba yang berada di kandang dan diberi aroma bunga ini, lama-lama tidak bergerak lincah dan duduk dengan santai di sudut kandang.

  1. Snake plant

Ada yang menyebutnya sebagai tanaman lidah mertua. Tanaman ini berfungsi untuk meningkatkan kemurnian oksigen di rumah Anda, terlebih di kamar tidur. Bahkan tanaman ini menjadi salah satu dari 12 tanaman yang memperbaiki udara versi National Aeronautics and Space Administration (NASA).

  1. Lidah buaya

Tanaman satu ini bagus untuk meredakan peradangan, bekas luka, dan kulit terbakar. Selain itu, lidah biaya juga berfungsi untuk mendetoksifikasi tubuh dan tentu saja membasmi polusi udara di tempat Anda tinggal. Indikasi lingkungan Anda jika tercemar adalah adanya bintik-bintik cokelat pada lidah buaya ini.

  1. English Ivy

NASA juga memasukkan tanaman ini sebagai tanaman nomor satu sebagai tanaman pemurni udara. Sebab, tanaman ini efisien menyerap formaldehida (bahan kimia yang digunakan dalam pembuatan berbagai produk industri). Tanaman ini mudah tumbuh dan bertahan dalam suhu moderat dan pencahayaan sedang matahari. Dengan begitu, tanaman ini akan membantu Anda tidur lebih nyenyak.

  1. Red Edged Dracaena

Secara visual, tanaman ini bagus untuk memperindah sudut rumah Anda. Tanaman ini bisa membuang racun seperti formaldehida, xylene (hidrokarbon aromatik yang secara luas digunakan dalam industri dan teknologi medis sebagai pelarut), dan trichloroethylene (bahan kimia yang banyak digunakan dalam industri yang juga ditemukan dalam air minum, air permukaan dan tanah akibat limpasan dari situs manufaktur di mana dia digunakan).

Namun untuk memelihara tanaman ini Anda perlu memperhatikan perawatannya. Tumbuhan ini hanya dapat tumbuh hingga 15 kaki (457,2 sentimeter) dan membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk pertumbuhan optimal. Jadi, jika Anda ingin meletakkannya di kamar, pastikan terkena sinar matahari yang banyak.

  1. Golden Pothos

Tanaman ini menjadi pilihan NASA untuk tanaman yang mampu mengatasi polusi udara. Dengan begitu, bisa membuat tidur Anda nyaman. Tanaman ini bisa digantung dan dibiarkan merambat. Perawatannya pun tidak rumit dan hanya butuh sedikit pencahayaan matahari. Jadi, cocok banget kalau Anda letakkan di jendela kamar Anda.


 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*